Pariwarta Pendidikan - Untuk menghadapi berbagai perubahan pada abad ke-21
dan era revolusi industry 4.0 saat ini muatan/mapel Informatika sangat penting
diberikan kepada peserta didik dari jenjang SD sampai SMA. Atas Dasar itu,
Kemdikbud melalui Badan Penelitian dan Pengembangan melakukan pengembangan
kurikulum muatan/maple Informatika untuk jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
sebagai muatan pembelajaran dan mapel pilihan.
Muatan/mapel Informatika merupakan perluasan dan pendalaman
dari muatan TIK yang pada awal pemberlakuan Kurikulum 2013 yang penerapannya
diintegrasikan kepada seluruh mapel melalui pembelajaran berbasis TIK.
Perluasan dan pendalaman tersebut berdampak pada adanya perbedaan mendasar dari
cakupan materi, proses pembelajaran, dan tujuan pembelajaran. Kompetensi
Informatika tidak hanya menjadikan peserta didik sebagai pemakai (user) dan
konsumer saja, melainkan lebih menekankan pada kemampuan mengidentifikasi persoalan-persoalan
dan mengusulkan solusinya, kemudian secara kreatif dan inovatif menghasilkan
produk-produk teknologi informasi sesuai dengan kaidah keilmuan informatika,
rekayasa perangkat keras, perangkat lunak, dan pengolahan data dalam bentuk
digital menjadi informasi. Kompetensi tersebut meliputi kecakapan digital yang
diperlukan dalam kehidupan sehari-hari (life
skill), pemanfaatan teknologi informasi, sampai dengan keilmuan
informatika. Proses pembelajarannya dilakukan secara berjenjang, bertahap, dan
berkelanjutan mulai dari SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.
Dalam menyelenggarakan muata/mapel Informatika diperlukan
Pedoman Implementasi Muatan/Mapel Informatika dalam Kurikulum 2013.
Pedoman Implementasi Muatan/Mapel Informatika dalam
Kurikulum 2013 bisa di download di SINI.
0 Response to " Pedoman Implementasi Muatan/Mapel Informatika dalam Kurikulum 2013 "
Post a Comment