Cara Memperbaiki Kesalahan NIK di Dapodik

 

Pariwarta Pendidikan - Untuk mengetahui kesalahan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) PTK, baik Guru maupun Tenaga Kependidikan itu bisa dilihat dari laman vervalptk.data.kemdikbud.go.id. Dimana saat ini dapodik terintegrasi dengan dukcapil, sehingga jika ada NIK yang tidak terdaftar di dukcapil akan bertanda silang merah, di laman vervalptk.data.kemdikbud.go.id.  

Segera perbaiki kesalahan NIK tersebut melalui laman vervalptk.data.kemdikbud.go.id.  Sehingga data NIK berubah menjadi centang hijau yang artinya NIK tersebut valid terdaftar di dukcapil.

Sebelum memperbaiki kesalahan pada data master PTK, Operator Sekolah terlebih dahulu harus mempersiapkan file atau dokumen scan asli (bukan fotocopy) yang akan dilampirkan dalam bentuk gambar berformat Jpg atau Png berukuran kurang dari 2 Mb. Untuk memperbaiki kesalahan Nama, tanggal lahir, tempat lahir, jenis kelamin dan NIK PTK, dokumen yang bisa dilampirkan yaitu Akte Lahir, bisa juga menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sedangkan untuk memperbaiki kesalahan pada nama IBU Kandung bisa menggunakan KK atau Kartu Keluarga. 

CARA MEMPERBAIKI KESALAHAN DATA PTK DI VERVALPTK

1.   Buka laman http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/

2.   Masukkan username dan password SSO, lalu klik Login

Memperbaiki Kesalahan NIK di Dapodik

3.   Pada menu Beranda roll ke bawah, dan pilih Perbaikan Identitas

4.   Cari PTK yang akan diperbaiki datanya, yang bertanda silang (x) merah, geser ke sebelah kanan kemudian klik Perbaikan

Memperbaiki Kesalahan NIK di Dapodik

5.   Inputkan data-data PTK yang akan diperbaiki datanya sesuai dengan dokumen yang ada.

6.   Pilih berkas untuk upload dokumen berupa scan KTP asli / akte kelahiran berukuran dibawah 2 Mb, jika kesalahan NIK, nama, tempat / tangal lahir, jenis kelamin. Sedangkan kesalahan ibu kandung yang diupload adalah Kartu Keluarga.

7.   Lalu Klik Ajukan setelah dokumen sudah di upload.

Memperbaiki Kesalahan NIK di Dapodik

8.   Proses perbaikan data ini tidak bisa langsung berubah, tapi harus menunggu terlebih dahulu approve atau persetujuan dari operator dinas. Operator dinas akan mengecek kesesuaian data yang diedit dengan dokumen yang dilampirkan.

9.   Operator sekolah bisa mengecek proses perbaikan data sudah disetujui atau belum dengan mengklik : Status Perbaikan. 

10.  Disana akan terlihat status perbaikannya apakah perbaikan disetujui atau belum

Memperbaiki Kesalahan NIK di Dapodik

11.  Jika sudah disetujui, lakukan sinkronisasi pada Aplikasi Dapodik. (Perubahan perbaikan data melalui verval biasanya memakan waktu maksimal 3 hari sampai bisa masuk ke Database Dapodik)

Demikian langkah-langkah perbaikan identitas PTK di verval PTK. Mudah-mudahan bisa membantu dan bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Memperbaiki Kesalahan NIK di Dapodik "

Post a Comment