Cara Mudah Mengetahui Siswa Penerima Dana PIP Melalui SiPintar

SiPintar

Pariwarta Pendidikan - Program Indonesia Pintar (PIP) adalah bantuan berupa uang tunai dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang orang tuanya tidak dan/atau kurang mampu membiayai pendidikannya. Dana PIP saat ini bukan hanya Operator Dapodik saja yang bisa mengecek apakah siswa mendapatkan Bantuan PIP atau tidak, orang tua saat ini juga bisa mengeceknya.
Program Indonesia Pintar merupakan pemberian bantuan tunai pendidikan kepada seluruh anak usia sekolah (6-21 tahun) yang menerima KIP, atau yang berasal dari keluarga miskin dan rentan (misalnya dari keluarga/rumah tangga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera/KKS) atau anak yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Program Indonesia Pintar melalui KIP merupakan bagian penyempurnaan dari Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) sejak akhir 2014.
Program Indonesia Pintar ini disalurkan secara bertahap dengan skala prioritas. Pemerintah bekerja sama dengan Bank tertentu guna pencairan dana PIP tersebut. Bagi mereka yang memiliki Kartu Indonesia Pintar akan memperoleh prioritas utama dalam penyalurannya. Artinya para pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) akan disalurkan dananya pada tahap-tahap awal penyaluran dana PIP.
Pogram Indonesia Pintar ini juga terintegrasi dengan dapodik, dimana data layak dan tidak layak diambil dari database peserta didik di aplikasi dapodik. Data dan nomer rekening penyaluran dan pencairan dana PIP juga langsung tertera di aplikasi dapodik.
Nah, untuk mengecek dan mengetahui progress penyaluran dan pencairan dana PIP, pemerintah sudah menyediakan layanan Sistem Informasi Program Indonesia Pintar atau sering disebut sebagai SiPintar yang bisa diakses secara online oleh siapa saja. SiPintar dapat diakses di halaman SiPintar
Untuk mengetahui siswa penerima PIP dengan menggunakan NISN baik siswa SD, SMP, SMA/SMK, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
2.   Pilih menu Cek Penerima PIP
cek penerima PIP sipintar
3.   Masukkan NISN, Tahun/Bulan/Tanggal Lahir
4.   Masukkan Nama Ibu Kandung
5.   Klik tombol Cek Data, sehingga akan muncul data siswa penerima PIP yang dicari
cek penerima PIP sipintar
Di samping itu penyaluran dana PIP juga bisa cek per satuan pendidikan. Sehingga nanti akan terlihat berapa siswa yang berhak memperoleh saluran dana PIP dan berapa siswa yang sudah mencairkan dana di Bank. Untuk mengecek seluruh siswa penerima dana PIP di satuan pendidikan, operator dapodik yang bisa mengaksesnya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
2.   Pilih menu Login
3.   Pilih Login sebagai sekolah, sehingga akan muncul tombol "Login SSO Dapodi"
4.   Klik Login SSO Dapodik
cek penerima PIP sipintar
5.   Masukkan username dan password dapodik
6.   Selanjutnya klik tombol masuk
cek penerima PIP sipintar
7.   Pilih menu siswa
cek penerima PIP sipintar
8.   Silahkan pilih Tahun, untuk melihat daftar penerima PIP 2018, 2019 atau 2020.
9.   Selanjutnya pilih Tahap, untuk melihat Tahap pencairan (Semua, Tahap 1, 2 dst)
10.  Dan pilih Status Pencairan, untuk melihat (Semua, Belum Cair, Cair)
cek penerima PIP sipintar
11.  Langkah terakhir adalah klik tombol Download, untuk mendapatkan file excel.
Demikian langkah-langkah untuk mengetahui siswa penerima dana PIP dengan menggunakan NISN yang bisa diakses oleh siswa/wali siswa, maupun daftar seluruh siswa per satuan pendidikan yang bisa diakses oleh operator sekolah.
Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Mudah Mengetahui Siswa Penerima Dana PIP Melalui SiPintar "

Post a Comment