Cara Eksplorasi Rapor Pendidikan

Eksplorasi Rapor pendidikan adalah upaya dalam membenahi rendahnya dimensi -dimensi dasar seperti Literasi, Numerasi, Karakter, Iklim Keamanan Sekolah, Iklim Kebhinekaan serta kualitas pembelajaran. Sekolah dapat melakukan pembenahan dengan merencanakan dalam Perencanaan Berbasis Data (PBD) yang sudah direkomendasikan oleh kementerian melalui Inspirasi Benahi yang terhubung ke Platform Merdeka Mengajar.

1. Memulai Eksplorasi Halaman Ringkasan

Setelah berhasil login, Anda dapat mulai untuk melakukan eksplorasi di halaman Ringkasan. Berikut adalah tampilan halaman Ringkasan dari Platform Rapor Pendidikan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Halaman ringkasan terdiri dari detail satuan pendidikan, ringkasan kondisi satuan pendidikan dan indikator prioritas satuan pendidikan

Tampilan halaman ringkasan untuk satuan dasar dan menengah (Untuk satuan dasar dan menengah halaman ringkasan menampilkan 6 indikator prioritas)

rapor pendidikan


2. Detail Satuan Pendidikan dan Kondisi

Anda dapat melihat detail dari satuan pendidikan, yaitu NPSN, alamat satuan pendidikan, kota/provinsi, serta Akreditasi satuan pendidikan Anda. Selain itu Anda juga melihat deskripsi atau ringkasan dari kondisi satuan pendidikan. Detail ringkasan ini merupakan deskripsi singkat dari pencapaian dan kondisi dari satuan pendidikan Anda.

detail satuan pendidikan
3. Indikator Prioritas untuk Perbaikan

Selain itu, pada halaman ringkasan juga menampilkan indikator-indikator prioritas yang dapat dijadikan acuan untuk melakukan perbaikan. Berikut adalah contoh salah satu indikator prioritas dan detail-detail yang perlu diperhatikan untuk satuan pendidikan Anda;

a. Nama indikator prioritas

b. Hasil capaian dari indikator tersebut

c. Delta, yakni selisih dari capaian tahun ini dan tahun sebelumnya

d. ‘Apa arti capaian saya?’, detail rincian hasil capaian dari satuan pendidikan Anda

e. Perbandingan hasil capaian satuan pendidikan anda dengan satuan pendidikan di provinsi dan nasional

f. ‘Pelajari Akar Masalah’ untuk melihat akar masalah dari tiap indikator prioritas satuan pendidikan Anda.


4. Menelusuri Akar Masalah

Selanjutnya Anda dapat klik ‘Pelajari Akar Masalah’, dan akan langsung menuju halaman Akar Masalah. Pada halaman tersebut Anda dapat mengetahui faktor yang mempengaruhi capaian/hasil indikator prioritas satuan Pendidikan Anda.

rapor  pendidikan

5. Menggali Indikator Level 2

Pada Halaman Akar masalah Anda juga dapat melihat indikator level 2 dari indikator prioritas satuan pendidikan Anda 

Klik ‘Akar Masalah’ pada halaman tersebut dan Anda akan menemukan beberapa indikator lain yang mempengaruhi capaian satuan pendidikan Anda.

6. Melihat Indikator Lainnya

Klik ‘Lihat 1 Indikator Lainnya’ untuk melihat indikator-indikator yang mempengaruhi capaian dari indikator tersebut

 7. Menggali Inspirasi untuk Perbaikan

Klik ‘Inspirasi Benahi’ untuk melihat rekomendasi perbaikan yang dapat dilakukan di satuan pendidikan Anda

Lihat rekomendasi langkah atau inspirasi yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kualitas satuan pendidikan Anda, Anda dapat memilih konten inspirasi benahi yang diinginkan untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan Anda

Klik ‘Lihat di Merdeka Mengajar’ untuk menuju ke platform Merdeka Mengajar (Anda dapat membuka Merdeka Mengajar melalui komputer atau Gawai dengan sistem Android)

  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Eksplorasi Rapor Pendidikan "

Post a Comment