Warna BIRU Peserta Didik di Aplikasi Dapodik 2019, Itu Artinya...

Pariwarta Pendidikan - Sempet bingung, kenapa peserta didik di Dapodik terdapat blok warna BIRU. Langsung saya cek di menu ubah data, ternyata ada warna merah di kolom Anak ke-berapa (berdasarkan KK), lalu saya isi dan simpan dan hasilnya kenapa masih berwarna BIRU. Saya coba refresh dan ctrl F5, tapi masih saja biru. Sekian hari masih tetep saja berwarna BIRU dan saya biarkan sampai beberapa lama.
Suatu saat rasa penasaran muncul kembali, dan cek kembali di menu ubah data, kemudian saya cek satu persatu data yang ada dan ternyata tidak ada kesalahan sedikitpun. Ada kesalahan apa ini sebenarnya? Karena ada beberapa siswa yang berwarna BIRU.
Saya mencoba membandingkan peserta didik yang berwarna biru dengan peserta didik yang tidak ada warnanya, saya cek pengisian satu persatu mulai dari data pribadi, data ayah kandung, data ibu kandung, data wali, data kontak. Dan rasa penasaran itu akhirnya terpecahkan, ternyata Warna BIRU adalah Siswa dengan kondisi sebagai Yatim / Piatu.
Sekarang rekan-rekan operator tidak bingung lagi ketika melihat data peserta didik dengan ditandai warna BIRU, itu artinya siswa tersebut kondisi sebagai anak Yatim/piatu.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to " Warna BIRU Peserta Didik di Aplikasi Dapodik 2019, Itu Artinya... "

  1. kalau warna jingga itu knp ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah anak itu berkebutuhan khusus ya?

      Delete