Cara Mudah Cek Keabsahan Ijazah Melalui SIVIL

Pariwarta Pendidikan - Ijazah adalah surat tanda tamat belajar yang menyatakan bahwa seseorang telah menyelesaikan dan berhasil mempelajari suatu tingkatan ilmu dan pelajaran. Mulai dari ijazah PAUD, TK, SD, SMP, SMA, sampai universitas merupakan bukti tertulis bahwa seseorang telah menyelesaikan pendidikannya dan dianggap sudah memahami ilmu-ilmu yang telah diajarkan.

Saat ini para guru honorer di sekolah negeri maupun swasta sedang gencar melakukan verval ijazah melalui laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/. Sehubungan dengan adanya rencana pelaksanaan seleksi PPPK pada tahun 2021, yang mengharuskan data program studi ijazah S1/D4 sudah terverikasi.

Ada baiknya sebelum melakukan verval ijazah melalui laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/. Cek terlebih dahulu keabsahan ijazah secara online dan pastikan nomor ijazah dapat diverifikasi melalui Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (SIVIL). Apabila nomor ijazah anda tidak terdaftar, silahkan hubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data anda telah dilaporkan melalui PD-DIKTI. Pendataan PDDikti secara resmi dilakukan mulai pada tahun 2002/2003, bagi lulusan dibawah tahun tersebut apabila tidak ditemukan di SIVIL, silahkan hubungi Perguruan Tinggi masing-masing.

Berikut cara mudah mengecek keabsahan ijazah dengan cepat, tepat, dan akurat secara online melalui SIVIL:

1.   Klik tautan https://ijazah.kemdikbud.go.id

2.   Cari Perguruan Tinggi dengan cara tulis Kata Kunci, seperti Universitas, Sekolah Tinggi dan lainnya

3.   Isi nomor Ijazah

4.   Isi angka pengaman

5.   Setelah itu Klik verifikasi


Jika nomor ijazah Anda terdaftar dipangkalan dikti maka akan keluar data diri Anda, jika tidak maka akan keluar informasi “Data tidak ditemukan / Pastikan anda telah mengisi nama PT dan Program Studi yang benar”.


Demikian cara untuk mengecek keabsahan ijazahm, mudah-mudahan membantu. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Mudah Cek Keabsahan Ijazah Melalui SIVIL "

Post a Comment