Panduan Upload File DZ ke Bioun SMP/MTS Tahun Pelajaran 2019/2020


Menjelang tahun 2020, dimana Pendataan calon peserta Ujian Nasional tingkat SMP/MTs tahun pelajaran 2019/2020 sudah dimulai dengan dibukanya portal pdun dan bioun. Untuk itu operator sekolah segera memperbaiki kevalidan data peserta didik khususnya kelas 9.

Sebelum melakukan penguploadan file dz ke dalam http://biounsmp.kemdikbud.go.id, terlebih dahulu cek kesesuaian data di dapodik dengan ijazah SD terutama data yang tertera pada ijazah, seperti nama siswa, tempat tanggal lahir, nisn, no peserta ujian, no seri ijazah SD, nama orang tua.

Berikut langkah-langkah upload file dz :
1.  Download file dz di http://pdun.data.kemdikbud.go.id/
2.  Buka web pendataaan ujian nasional di http://biounsmp.kemdikbud.go.id lakukan login sesuai akun yang diberi oleh dinas.

3.  Setelah login langkah selanjutnya untuk mengupdate data sekolah dan data user, silahkan seseuaikan data yang ada.

4.  Setelah berhasil mengupdate data sekolah, silahkan ke menu upload siswa untuk kemudian file DZ yang sudah berhasil diunduh di web PDUN di upload kedalam system.

5.  Kemudian klik menu upload file => Dapodik/Emis.
Pilih choose file untuk meletakan file DZ kemudian klik tombol unggah untuk memproses unggahan.


6.  Setelah tombol unggah di klik maka akan tampil notifikasi yang menunjukan file sukses terupload seperti contoh gambar dibawah ini.

Pastikan notifikasi harus berhasil sukses apabila tidak ada keterangan sukses silahkan ulangi langkah upload atau unduh kembali file dz, hal ini bisa disebabkan kapasitas file yang tidak maksimal pada saat download dikarenakan jaringan atau lainnya.
Langkah selanjutnya silahkan klik tombol “Step 2 (validasi)” pojok kanan untuk memvalidasi data, disinilah peran penting sistem dalam memfilter No Pes SD lama dan NISN sebagai kata kunci utama yang wajib diisi sesuai ketentuan yang berlaku.

7. Setelah mengklik tombol “Step 2 (validasi)” maka kita sudah berada di step 2 yaitu validasi data atau filtering data yang bisa ditunjukan pada gambar angka 2 background biru dibawah ini.
Langkah selanjutnya silahkan klik tombol Validasi untuk mengecek apakah file dz yang kita unduh bermasalah atau tidak

8.  Setelah tombol Validasi diklik maka kita akan dihadirkan pada list tabel data yang akan di validasi, sepeti tampilan pada gambar dibawah ini.

Perhatikan apabila dilits table diatas terdapat ikon tanda panah kebawah itu artinya data file yang di upload mengalami error validasi artinya terdapat kesalahan data yang ada didalam file DZ yang kita unduh tadi, silahkan klik ikon tersebut untuk melihat data mana saja yang terkena eror validasi, seperti tampilan gambar dibawah ini.

Tampilan gambar diatas menunjukan kesalahan data yang terdapat dikolom keterangan, silahkan lakukan pembetulan tergantung keterangan kesalahan, lakukanlah perubahan sesuai media pembetulan, bisa lewat aplikasi dapodik atau verval PD, melihat contoh kesalahan diatas didapati kesalahan pada Kode Peserta SD maka pembetulan data dilakukan menggunakan aplikasi dapodik, lakukanlah pembetulan, sinkron lagi dapodiknya, cek web PDUN apakah data sudah berubah kemudian download kembali file DZ kemudian upload ulang.

9. Apabila tombol validasi dikilik dan terdapat chekbox atau kotak cek list maka dipastikan data tersebut sudah valid dan tidak terjadi error validasi lakukan ceklist data dan klik tombol simpan, makan data file DZ yang kita upload tadi sudah berhasil masuk kedalam sistem pendataan UN seperti contoh gambar dibawah ini

Setelah data yang kita proses tersimpan maka kita sudah berada di step3 atau step terakhir, itu menunjukan data berhasil masuk kedalam sistem, lakukanlah cek kebenaran data, apabila data kesalahan data di nama, tempat tanggal lahir dan nama orang tua silahkan lakukan prosedur perubahan data melalui verval PD, kemudian sinkron dapodik, lalu cek web PDUN silahkan download file terebut untuk dilakukan upload ulang.

Mudah-mudahan bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Panduan Upload File DZ ke Bioun SMP/MTS Tahun Pelajaran 2019/2020 "

Post a Comment