Pedoman Implementasi Muatan/Mapel Informatika dalam Kurikulum 2013

Pariwarta Pendidikan - Untuk menghadapi berbagai perubahan pada abad ke-21 dan era revolusi industry 4.0 saat ini muatan/mapel Informatika sangat penting diberikan kepada peserta didik dari jenjang SD sampai SMA. Atas Dasar itu, Kemdikbud melalui Badan Penelitian dan Pengembangan melakukan pengembangan kurikulum muatan/maple Informatika untuk jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah sebagai muatan pembelajaran dan mapel pilihan.
Muatan/mapel Informatika merupakan perluasan dan pendalaman dari muatan TIK yang pada awal pemberlakuan Kurikulum 2013 yang penerapannya diintegrasikan kepada seluruh mapel melalui pembelajaran berbasis TIK. Perluasan dan pendalaman tersebut berdampak pada adanya perbedaan mendasar dari cakupan materi, proses pembelajaran, dan tujuan pembelajaran. Kompetensi Informatika tidak hanya menjadikan peserta didik sebagai pemakai (user) dan konsumer saja, melainkan lebih menekankan pada kemampuan mengidentifikasi persoalan-persoalan dan mengusulkan solusinya, kemudian secara kreatif dan inovatif menghasilkan produk-produk teknologi informasi sesuai dengan kaidah keilmuan informatika, rekayasa perangkat keras, perangkat lunak, dan pengolahan data dalam bentuk digital menjadi informasi. Kompetensi tersebut meliputi kecakapan digital yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari (life skill), pemanfaatan teknologi informasi, sampai dengan keilmuan informatika. Proses pembelajarannya dilakukan secara berjenjang, bertahap, dan berkelanjutan mulai dari SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.
Dalam menyelenggarakan muata/mapel Informatika diperlukan Pedoman Implementasi Muatan/Mapel Informatika dalam Kurikulum 2013.
Pedoman Implementasi Muatan/Mapel Informatika dalam Kurikulum 2013 bisa di download di SINI.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Pedoman Implementasi Muatan/Mapel Informatika dalam Kurikulum 2013 "

Post a Comment