Cara Cek Keaslian Surat Dari Kemdikbud


Maraknya peredaran surat palsu yang mengatasnamakan Kemdikbud sudah sangat meresahkan. Biasanya surat palsu dikirim melalui email sekolah. Tidak sedikit yang menjadi korban.

Data yang diminta  biasanya berupa softcopy yang ditujukan ke alamat email yang tercantum pada surat tersebut. Jika data tersebut menggunakan alamat email kemdikbud@gmail.com. Dan perlu diketahui alamat email kemdikbud menggunakan domain Kemdikbud.go.id.

Biasanya berisi permintaan data yang langsung ke sekolah-sekolah tanpa melalui dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kota. Yang mana biasanya diminta data Pegawai dengan menyantumkan data diri, tempat tanggal lahir, Nama asli, rekening tabungan, kontak pribadi/email maupun nomor telphone/handphone.

Apabila sekolah sudah mengirim data maka pihak sindikat penipuan ini akan menghubungi via telp/ kontak whatsapp kepada calon korban dan meminta sejumlah uang. 

Lalu bagaimana cara kita mengetahui surat itu palsu atau asli. Kemdikbud dalam hal ini memberikan sebuah terobosan yang diluncurkan berupa E-Office Aplikasi Perkantoran Elektronik. Aplikasi ini sebagai jawaban terhadap permasalahan yang dilaporkan oleh sekolah yang menerima surat palsu. Dengan aplikasi ini anda bisa mengecek keaslian surat tersebut.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu anda lakukan pengecekan keaslian surat dari kemdikbud melalui aplikasi perkantoran elektronik dengan cara sebagai berikut:
1.   Silahkan buka alamat ini : https://persuratan.kemdikbud.go.id/
2.   Silahkan klik gambar amplop surat "Cek Surat"
3.   Lalu anda masukkan nomor surat tersebut ya " Misalkan 47426/MPK.A/TU/2019
4.   silahkan masukkan Kode captcha yang muncul ke dalam kotak yang telah disediakan
5.   Klik Cek Surat Keluar.
6.   Jika memang surat tersebut asli maka akan muncul beberapa informasi seperti:
- Tanggal : 2019-05-13
- Penandatangan : Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
- Perihal : Upacara Bendera dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Lahir Pancasila
- Unit Kerja : Biro Umum
- Penerima Surat : 
- Isi surat tidak boleh dilihat orang !
7.   Sebaliknya jika surat itu palsu maka akan muncuk : Tidak ada surat keluar dengan nomor ini

Mudah bukan cara mengetahui keaslian surat dari Kemdikbud, teliti dalam membaca dan memahami surat adalah salah satu cara untuk yang perlu dilakukan agar kita tidak menjadi korban penipuan. Selain itu anda juga bisa konfirmasi ke kabupaten/kota. 








Semoga bermanfaat...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Cek Keaslian Surat Dari Kemdikbud "

Post a Comment